Home > Uncategorized > Bab 12 lingkungan dan situasi konsumen (chapter 12 environmental and consumer situations)

Bab 12 lingkungan dan situasi konsumen (chapter 12 environmental and consumer situations)

Lingkungan konsumen terbagi menjadi dua macam:

  • Lingkungan sosial : semua interaksi sosial yang terjadi antara konsumen dengan orang sekelilingnya
  • Lingkungan sosial : orang-orang lain yang berada di sekeliling konsumen dan termasuk perilaku dari orang-orang tersebut

Berdasarkan kedekatannya dengan konsumen, lingkungan konsumen bisa terbagi  ke :

  • Lingkungan mikro : lingkungan yang sangat dekat dengan konsumen, yang berinteraksi langsung dengan konsumen dan akan mempengaruhi perilaku, sikap, dan kognitif konsumen tertentu secara langsung.
  • Lingkungan makro : lingkungan jauh dari konsumen, bersifat umum dan berskala luas karena itu lingkungan makro memiliki pengaruh luas terhadap masyarakat bukan hanya kepada individu konsumen.
  • Lingkungan fisik : segala sesuatu yang berbentuk fisik yang berada disekeliling konsumen, bisa menempati ruang / tidak menempati ruang.

Situasi merupakan perilaku konsumen di suatu lingkungan untuk tujuan tertentu, situasi konsumen bisa berlangsung sangat singkat ( misal membeli koran saat menunggu di lampu lalu lintas), lebih lama ( berbelanja di swalayan , 10-15 menit), atau sangat lama ( mencari dan membeli kendaraan bekas, 1-7 hari).

Engel, Blackwell, dan Miniard (1995) mengemukakan bahwa pengaruh situasi adalah pengaruh yang muncul dari faktor-faktor yang sangat terkait dengan waktu dan tempat, yang tidak tergantung kepada konsumen dan karakteristik objek(produk atau merek)

Mowen dan Minor (1998) mengemukakan bahwa situasi konsumen adalah faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu.  Situasi konsumen terdiri dari 3 faktor yaitu tempat dan waktu, penjelasan mengapa perilaku tersebut terjadi, dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumen.

Situasi konsumen terdiri dari tiga macam:

  1. Situasi komunikasi : suasana atau lingkungan dimana konsumen memperoleh informasi / melakukan komunikasi, bisa pribadi maupun non-pribadi.
  2. Situasi pembelian : lingkungan atau suasana yang dialami konsumen ketika membeli produk atau jasa

Situasi pembelian dalam sebuah toko eceran akan memiliki karakteristik situasi konsumen :

  • Lingkungan fisik toko eceran, terdiri dari lingkungan informasi(ketersediaan informasi, format informasi, bentuk informasi) dan lingkungan toko (lokasi, layout, musik, warna, display barang, dan kesesakan)
  • Lingkungan sosial toko : interaksi konsumen dengan konsumen lainnya dan interaksi konsumen dengan pramuniaga atau tenaga penjualan.
  • Waktu, terdiri dari waktu sebagai variabel situasi, waktu sebagai sebuah produk
  • Situasi pemakaian dan strategi pemasaran

Summarized by Mutiara Randy (majoring in Food science and Technology, college of Agricultural Technology – Bogor Agricultural University , Bogor-Indonesia )

Based on Ujang Sumarwan . 2003 . Perilaku Konsumen : Teori dan penerapannya dalam pemasaran (Consumer Behavior : Theory anda Application in Marketing )

www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment